KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Sabtu, 24 Desember 2011

Program Studi IPPW


PIMPINAN 

Ketua              : Prof. Dr. Ir. Jen Tatuh, MS
Sekretaris        : Dr. Ir. Charles R. Ngangi, MS

Beroperasi sejak tahun 1998
(No.07/DIKTI/Kep./1998)

AKREDITASI

B

PENDAHULUAN

Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah (IPPW) sudah dibuka sejak tahun 1985 dengan misi akademik mengembangkan dan mengerahkan sumberdaya ekonomi dan sosial masyarakat.  Aspek ruang (spatial) menjadi inti kajian program studi ini karena luas dan layout negara Indonesia yang mengakibatkan sulitnya penerapan satu konsep nasional di seluruh wilayah.

Dari segi pengembangan IPTEK juga muncul karakteristik location specific sehingga diperlukan pendekatan regional (wilayah), baik dalam adopsi maupun inovasi teknologi.

VISI
Menjadikan program studi yang bermutu dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu perencanaan pembangunan wilayah

MISI
Mendidik untuk menghasilkan warga negara yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berdedikasi dalam pelayanan kepada masyarakat, baik di lingkungan masyarakat akademi dan penyelenggara negara maupun wiraswasta.

TUJUAN
Mendidik dan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan untuk kemudian menyusun program perencanaan pembangunan wilayah;

Meningkatkan nalar dan kemampuan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi perubahan dan perkembangan masyarakat dan berbagai variabel ekonomi dan sosial guna mencari jawaban atas permasalahan yang berkaitan dengan perencanaan dan pembangunan wilayah.

PROGRAM PERKULIAHAN
Perkuliahan dilaksanakan dengan metode sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi minimal 36 SKS dan maksimal 50 SKS.  Lama Pendidikan antara 2 sampai 4 tahun atau 4 sampai 8 semester, yang terbagi atas perkuliahan 3 semester dan penelitian tesis 1 semester.

PERSYARATAN CALON PESERTA
Calon peserta didik Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah adalah sarjana S-1 dengan latar belakang bidang keahlian eksakta (diutamakan) dan ekonomi, memenuhi persyaratan akademik dan administrasi serta lulus seleksi masuk PPs Unsrat.

SILABUS MATA KULIAH

IPW    501      Teori Ekonomi Mikro                       3 (3-0) 1
Teori dan analisis lingkah laku konsumen dan produsen di dalam keadaan pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna;  keseimbangan parsial dan welfare.

IPW    502      Teori Ekonomi Makro                      3 (3-0) 1
Determinan pendapatan nasional, kesempatan kerja serta tingkat harga, konsuM.Si, produksi, investasi serta tingkat bunga agregat, static equilibrium dan analisis multiplier.

IPW    503      Ekonomi Sumberdaya                      3 (3-0) 2
Analisis ekonomi yang relevan dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya manusia dan lingkungan, konsep mengenai joint production dan joint cost, external effect.  Masalah investasi dan pengelolaan sumberdaya.

IPW    504      Ilmu Ekonomi Regional                    3 (3-0) 1
Konsep, teori dan model pembangunan serta pertumbuhan;  analisis lokasi, produksi dan pendapatan, ekspor base dan multiplier;  analisis ekonomi sosial dalam perencanaan dan penentuan kebijaksanaan regional.

IPW    505      Ekonomi Tenaga Kerja                    3 (3-0) 3
Konsep tenaga kerja,produktivitas, industrial relation, pasar tenaga kerja, employment, labor union, wage, labor security, perencanaan tenaga kerja.

IPW    506      Ekonomi Pembangunan                   3 (3-0) 2
Konsep kemiskinan absolut/relative, analisis pembangunan klasik, neoklasik dan pasca Keynes, paradigma pembangunan negara berkembang dan negara maju, capital accumulation, konsumsi dan produksi agregat, inflasi, kebijakan dalam pembangunan.

IPW    512      Analisis Perkotaan                            2 (2-0) 3
Batasan urban dan region, city size distribution, urban structure, transportasi kota, kemiskinan kota, public economy, hubungan kota dan wilayah belakang, tataguna dan tataruang perkotaan.

IPW    514      Ekonomi Lokalita                             3 (3-0) 2
Analisis perekonomian suatu lokalita serta teori dan aplikasi perencanaan pembangunan ekonomi yang berorientasi pada komunitas dari suatu lokalita.

IPW    518      Ekonomi Institusional                       2 (2-0) 2
Penelaahan perkembangan teori ekonomi kelembagaan, runag lingkup, konsep nilai, teknologi, institusi dan progres ekonomik, metode penelitian ekonomi kelembagaan.

IPW    524      Ekonomi Internasional                     3 (3-0) 3
Hubungan ekonomi antar bangsa, proinsip keuntungan komparatif, spesialisasi, keuntungan perdagangan, kebikajan intervensi pemerintah tarif dan non tarif, balance of trade, kerjasama interregional, GATT, AFTA, APEC, dsb.

IPW    526      Ekonomi Politik Pembangunan       3 (3-0) 3
Konsep tentang property right, kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan perdagangan serta hubungan luar negeri, evaluasi kebijakan pembangunan nasional serta perkembangan masyarakat.

IPW    530      Teori Manajemen                              3 (3-0) 2
Dasar dan pronsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, sistem manajemen, administrasi organisasi, kepemimpinan, pengawasan, mamanjemen kantor, personil, keuangan dan usaha, manajemen pembangunan.

IPW    540      Sistem Informasi & Manajemen      2 (2-0) 2
Dasar dan Konsep CBis system, Teknologi informasi dan Pengaruhnya dalam Kualitas, Pendekatan sistem, Debase manajemen.

IPW    544      Manajemen Bisnis                             2 (2-0) 3
Dasar-Dasar dan Strategi Bisnis Analisis Lingkungan Usaha, baik external dan internal, Penerapan Bisnis dalam mencapai Keuntungan Kompetisi.

IPW    545      Evaluasi Pembangunan                    2 (2-0) 3
Model/paradigma pembangunan, monitoring dan evaluasi keberhasilan pembangunan dengan menggunakan metode-metode analisis makro dan mikro project, keberhasilan masyarakat dan manajemen pembangunan.

IPW    546      Perencanaan Pembangunan                        3 (3-0) 2
Langkah-langkah, strategi dan aritmatik dalam perencanaan pembangunan, menentukan objective functions (public dan private), sasaran dan target fisik maupun sosial/non fisik.

IPW    548      Analisis Keputusan                           3 (3-0) 3
Organisasi, komponen dan fungsi-fungsi, pengambilan keputusan sebagai fungsi manajemen, intuisi dan analisis dalam pengambilan keputusan, metode dan tahapan pengambilan keputusan, resiko dan ketidakpastian, preferensi dalam pengambilan keputusan.

IPW    550      Sistem Informasi Geografis              3 (3-0) 2
                       
IPW    552      Geografi Regional                             2 (2-0) 1
Peta nasional dan internasional tentang distribusi potensi sumberdaya alam dan penduduk, identifikasi pusat-pusat pengembangan ekonomi global, bentuk kerjasama potensial dalam mengelola sumberdaya bumi, peta kemiskinan dan permasalahannya, pola pengembangan kerjasama internasional.

IPW    556      Ekologi Manusia                               2 (2-0) 1
Penduduk bumi, sebaran dan proyeksi pertumbuhannya, masalah kependudukan dan dampaknya terhadap sumberdaya lingkungan, eksploitasi sumberdaya alam lingkungan, economic supply of natural resources, faktor kelembagaan dalam pengelolaan dan konservasi sumberdaya alam dan lingkungan.

IPW    558      Analisis Perubahan Sosial                2 (2-0) 3
Pengantar, pengertian perubahan sosial; teori dalam perubahan sosial; sumber perubahan sosial; faktor yang mempengaruhi perubahan sosial; bentuk perubahan sosial; dampak perubahan sosial; proses difusi inovasi; hubungan masyarakat kota dan masyarakat desa.

IPW    560      Analisis Statistika                              3 (3-0) 1
Analisis varians, uji statistik, model regresi sederhana dan regresi ganda, uji korelasi dan kolinearitas.

IPW    562      Ekonometrika                                    3 (3-0) 2
Teori ekonomi kuantitatif, estimasi ragam terkecil dalam model linier dengan dua, tiga atau lebih variabel;  test of significance dan confidence interval;  auto correlation dan multi-collinearity;  sistem persamaan simulasi;  least squares bias;  aplikasi ekonometrika dalam studi kasus dengan model non stochastic.

IPW    565      Statistika Non Parametrik                3 (3-0) 2
Distribusi Probabilitas kontinue dan diskrit, goodness of fit, sign test, order statistics, rank test.

IPW    566      Operation Research                          2 (2-0) 3
Integer Programming; Multistage Programming, Decisio, Theory dan Game Theory, Teory Antrian, Analisis Hierarchy Process, Linier Goal Programming.

IPW    568      Linear Programming                        2 (2-0) 3
Program Linier, Metode Simpleks, Persoalan degenerasi program separabel, Program transportasi, program tujuan ganda, Analisis Input-Output.  Model Optimasi Perencanaan Wilayah.

IPW    590      Metodologi Penelitian                       3 (3-0) 3
Falsafah dasar penelitian dan peranan peneliti ekonomi di masyarakat.  Masalah penelitian ekonomi di negara berkembang, spesifikasi dan prioritas penelitian.  Analisis data dan interprestasi hasil.  Tatacara penulisan hasil penelitian.


IPW    598      Seminar : Regional Economic          2 (2-0) 3
Seminar untuk membahas topik-topik tertentu yang relevan sesuai dengan studi penelitian dan pengembangan masyarakat.

IPW    690      Seminar          1
Diseminasi hasil penelitian.
Tim Pembimbing

IPW    699      Penelitian & Tesis      6
Mempersiapkan, melaksanakan penelitian dan melaporkan hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk tesis.
Tim Pembimbing

TENAGA PENGAJAR

Prof. Ir J.W.P. Mandagi, M.Sc, Ph.D
Prof. Ir L.W. Sondakh, M.Ec, Ph.D
Prof. Ir V.V. Rantung, MA, Ph.D
Prof. Ir A.E. Wahongan-K, MS
Prof. Dr Ir J. Tatuh, MS
Prof. Dr Ir J. Kekenusa, MS
Ir W. Uguy, M.Sc, Ph.D
Prof. Dr J. Lolombulan, MS
Noldy Tuerah, SE, MA., Ph.D
Dr. Ir. E. Laoh, MS
Dr. W.F. Pesoth, MS
Ir G. Kapantouw, MS, M.Sc.,PhD
Dr. Elen Pakasi, SP.,MSi
Dr. Grace Rumagit, SP.,MSi 
Dr. Ir Th. Katiandagho, MSi
Ir. Charles R. Ngangi, MS      
Drs J.M. Turang, MSi
Ir E. Ruauw, MS
Ir. John Tujuwale, MSc
Ir Ribka Kumaat, MS
Ir R. Rengkung, MS
Ir C. Talumingan, MP
Ir. L. Pangemanan, ME
Djony Hatidja, SSi.,MSi
Ir. Aditya Tutuarima, MSc
Ir R. Kaunang, MBA
Ir. O. Porajow, MS
Ir. P. Manginsela, MS
Ir J. Mandey, Msi
Ir. O.L.S. Benu, MS

BIAYA PENDIDIKAN

Pendaftaran seleksi
Rp.      250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.      700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore)
Rp.      6.000.000,-
Pendaftaran Semester
Rp       100.000,-
Tuition Fee / SKS (S2 dan S3)
Rp.      100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore)
Rp.      700.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore)
Rp.      5.000.000,-
Dana Pembangunan (Malam) 
Rp.      5.000.000,-

BEASISWA
           
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP) dan pegawai swasta yang memiliki NIDN.  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS melalui bpps on line dengan laman beasiswa.dikti.go.id/bpps, serta memasukkan berkas dari tgl. 1 April-31 Mei (pendaftaran on line); Verifikasi data minggu ke-3 Juni dan Penetapan BPPS dan Kontrak oleh Ditjen Dikti Juli-Agustus.

PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3):
·         Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
·         Surat Keterangan sehat dari dokter
·         Riwayat Hidup (curriculum vitae)
·         Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
·         Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
·         Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
·         Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
·         Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi  dari Bank BTN atas nama Rektor Unsrat
  1. Waktu pendaftaran dimulai pada bulan Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui faxcimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
  3. Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat :
Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi
Jalan Kampus UNSRAT, Bahu, Manado 95115
  1. Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni, pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.

 

Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T